selamat datang di blog flash jack

Senin, 13 April 2009

Perberdaan Karakteristik Media TV dan Radio

KaRakteRisTik MedIA TV

a. Audiencenya keluarga dan aktif

Seperti yang kita ketahui, media televisi telah menjadi acara keluarga. Hampir seluruh keluarga di Indonesia bahkan ruang lingkup dunia sekalipun, sangat jarang sekali sebuah program acara dinikmati dengan sendirian. Oleh karena itu, sebuah program acara yang sukses adalah program acara yang bisa dinikmati secara bersama- sama di dalam keluarga tersebut. Jadi bisa dibilang media televisi merupakan media yang memerlukan konsentrasi lebih besar dibandingkan dengan program radio. Mata pikiran dan sikapnya menunjukkan sikap yang aktif.

  1. Jenis pemirsa

Melihat karakter keluarga dan jenis pemirsanya yang demikian itu, kunci pokok sebuah program acara dan alokasi waktunya sangat ditentukan kemampuan seorang Programer di dalam memperinci agenda masyarakat berdasarkan faktor demografis ( Kelompok umur ) dan Sosiografis ( gaya hidupnya ).

  1. Posisi program sebagai senjata raih iklan

Menempatkan sebuah program acara pada waktu tujuan dan target yang tertentu di dalam keseluruhan program acara yang disajikan pada periode tertentu yang mempunyai maksud – maksud tertentu pula didalam mengantisipasi jenis program dari lembaga broadcasting lainnya.

  1. Seri, serial dan lepas

Sebuah program acara itu apakah diproduksi dengan sejumlah episode atau hanya satu kali episode saja. Jika akan diproduksi dengan sejumlah episode, apakah ceritanya akan selalu bersambungan setiap episodenya sehingga menjadi suatu ceritera yang utuh. Atau pada setiap episodenya sebuah ceritera yang selesai dan pada episode berikutnya dengan tema ceritera yang lainnya.

  1. Jeda tayangan

Setiap program acara pada stasiun komersial, selalu ada waktu breaknya atau diberi jeda tayangan untuk menampilkan informasi komersial.

  1. Tangga dramatic, plot dan ritme per ssegmentasi/ CB

Salah satu sebab kesuksesan sebuah program acara adalah kemampuannya untuk mendesain tangga dramatik dan plot ceritera yang menarik dan menimbulkan rasa ingin tau lebih lanjut.


  1. Ending cerita

Salah satu yang harus dipertimbangkan juga adalah bagaimana bisa memaksa audience untuk tetap setia bertahan mengikuti program tersebut hingga selesai

  1. Small screen alias layar sempit

Seringkali desain produksi sebuah karya video tidak cermat memperhatikan kaitan antara luas layar monitor pesawat televisi dengan bahasa gambar.

KaRakteRisTik MedIA Radio

  1. Audiencenya bersifat personal

Umumnya audience media radio adalah orang per orang atau bersifat personal. Sangat jarang sekali media radio dinikmati secara bersama – sama

  1. Intim dan akrab

Sifat personal disini didukung oleh daya jangkau dan jelajah media radio adalah abstrak. Apa yang ditangkap oleh pendengar adalah berdasarkan daya tangkap alam khayalnya saja.

  1. Media sambil lalu, bahasa yang digunakan sederhana gampang dan mudah dimengerti
  2. Media lisan sekali ucap, bahasa yang umum jelas dan konkrit
  3. Peran broadcaster tinggi
  4. Efek suara musik dan kata
  5. Format program

Tidak ada komentar:

Posting Komentar